Thursday 7 November 2013

Tips SEO blog di Google (Bagian 1)

Gambar dari webceo.com

Assalamu'alaikum Sobat. Tidak terasa sudah hampir satu bulan mimin membuat blog ini dan rasanya tiap hari menjadi kosong jika tidak menulis apapun untuk sobat semua. Kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana mengoptimalkan SEO di Google.
Sebelumnya Sobat tahu tidak apa itu SEO??? SEO adalah singkatan dari Seach Engine Optimization yaitu suatu kegiatan yang dilakukan untuk meng-OPTIMALKAN website Sobat dimata search engine semisal Yahoo, Google, Bing, dll. Suatu website yang optimal di search engine akan menang dan berada di posisi atas hasil pencarian di search engine Sobat .  Jutaan orang mencari di Google misalnya, Website Anda ketemu terus,  Orang klik pada website anda yang ketemu tersebut, maka akan semakin banyak orang yang berkunjung ke blog Sobat.
Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk dapat mengoptimalkan SEO blog kita  di Google, berikut saya jabarkan Sobat
1. Mimin sarankan Sobat menggunakan Template yang SEO friendly. Jangan memasang widget yang tidak terlalu diperlukan, apalagi hanya memberatkan Blog Sobat ketika dimuat. Seperti pemasangan jam, kalender, pemutar musik yang auto on. Pengunjung mengunjungi Blog Sobat tidak untuk mendengarkan musik kan? Apalagi widget jam atau kalender, pengunjung sudah punya kali di rumahnya masing-masing, hehe. Pasanglah widget yang memuat konten Blog Sobat dan mempermudah pengunjung mencari informasi di Blog sobat seperti popular posts, Blog archive, Label, artikel terkait dan lain-lain. Yang penting tampilan rapih terorganisir dan simple, jangan terpaku pada bagusnya tampilan seperti memasang banyak animasi dan banyak warna, itu tidak dipentingkan pada nilai SEO.
2.  Daftarkan Blog sobat ke Google Webmaster Tools. Hal ini dilakukan untuk memberi kepemilikan yang sah pada Blog sobat. Disni juga sobat dapat mengatur setelan-setelan SEO pada Blog sobat. Berikut langkahnya Sobat
  1. Masuk terlebih dahulu ke akun Blog sobat.
  2. Masuk ke Google Webmaster Tools dengan Tabs/Jendela baru.3. Sobat akan diminta memasukan username dan password, maka isi sesuai dengan akun Google.
  3. Setelah Login, maka biasanya akan tampil daftar Blog sobat. Jika ada Blog yang belum ditampilkan, maka klik Tambahkan Situs.
  4. Setelah Blog sobat telah berhasil ditambahkan, maka kali ini mulai verifikasi-nya. Sobat gunakan cara yang paling mudah yaitu dengan metode copy paste meta tag. Sobat kembali ke halaman awal Google Webmaster Tools.
  5. Pilih Blog yang akan diverifikasi, klik Kelola Situs dan pilih Tambahkan atau Hapus Pengguna.
  6. Pada laman selanjutnya, Sentuhkan kursor pada box yang bertulisakan Pemilik. Akan muncul menu dropdown dan klik laman verifikasi pemilik.
  7. Pilih Verifikasikan dengan menggunakan metode yang berbeda. 
  8. Klik pada Tag HTML, Tambahkan tag meta ke beranda situs Anda
  9. Sobat akan diberi kode HTML, Copy kode tersebut.
  10. Masuk ke akun Blogger sobat.
  11. Masuk pada bagian Template dan pilih Edit HTML.
  12. Paste kode meta tag tepat di bawah kode <head>. #Cari kode <head> dengan tombol ctrl+F. Setelah selesai, klik simpan Template.
  13. Kembali ke halaman tempat meng-copy kode meta tag dan Klik Verifikasi.
  14. Jika sobat melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, maka akan muncul keterangan Success.
Demikian langkah-langkah verifikasi Website/Blog Sobat di Google dengan Google Webmaster Tools. Materi selanjutnya akan saya lanjutkan di bagian ke 2 Sobat. Jadi Sabar ya.hehe. Semoga Berguna.

Best Regard to jayaweb.com, regibrader-free.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.