Wednesday 25 December 2013

Tips Merawat Rantai Motor Ala Revolusi Muslim

Gambar dari revolusi-muslim.blogspot.com
Assalamu'alaikum Sobat. Alhamdulillah mimin liburan 5 hari,hehe. Yah serasa kembali liburan setelah semesteran waktu masih kuliah atau sehabis testing anak-anak sekolah. Yap liburan panjang, lalu bagaimana dengan Sobat semua? Semoga liburan ini dapat diisi dengan kegiatan yang positif yah Sobat. Ok Sekarang mimin akan berbagi pengalaman merawat motor lagi nih Sobat. Bagian yang mimin bahas pada kesempatan kali ini adalah rantai.
Semua bagian dalam motor memiliki keterikatan yang bisa tidak bisa berhubungan Sobat. Jadi kita harus selalu care terhadapt tunggangan kita. Bukan hanya pasangan saja, iya ndak??? hehe. Simple saja sih kalau ama motor sudah care pa lagi ama pasangan kan, hehe. Gak adalah kalau pasangan malah disingkirkan karena tunggangan,hehe. Tapi mungkin kali ada yak??? hehe. Malah ngelantur tho, yaudah kembali ke laptop. MImin sejak bebrapa tahun terakhir sudah sadar akan pentingnya rantai motor Sobat. Pernah mengendarai motor Vega bebrapa tahun milik Bapak dengan riding style milik mimin yang agak galak membuat boros pemakaian rantai, mungkin bisa dihitung cuma bertahan 1 tahun. Apalagi ditambah medan dan keadaan yang sering hujan membuat rantai cepat kotor. Ingat banyakan motor sekarang memakai pelindug rantai sebagian, yaitu hanya pada atas saja. sedangkan bagian bawah tidak terlindungi. debu dan air hujan tentu sangat berpengaruh terhadap ketahanan rantai, maka dari itu perawatan rantai sangatlah penting. Jangan sampai rantai Sobat putus ditengah jalan, apalagi jauh dari bengkel dan jauh sangat menjengkelkan rantai putus dan terbelit. Adduuuuhhh ammpunnn dah. Yap, kini mimin akan memberikan tips perawatan rantai, simple saja perawatan dari mimin. Kita hanya bermodalkan uang kurang lebih 15000 perak atau bisa kurang bisa lebih tergantung merk yang Sobat pakai. Mimin disini memekai produk chainlube dari MTR. Yah kalau diingat sudah hampir 2-3 tahun mimin memakai pada si maron NJMX. Dan Alhamdulillah sekarang sudah memasuki tahun ketiga dan masih OKE pemakaian rantai mimin. Yuk langsung dicoba deh.
1. Pasang sedotan yang disediakan ke mulut lubang semprotan.
2. Setelah siap ambil jarak kurang lebih 10 cm antara moncong sedotan dengan rantai


 3. Putar roda belakang mptpr kemudian semprotkan dengan merata. Putar terus dan pastikan semua rantai telah dilumuri dengan benar.


 4. Jika sudah dirasa sudah terlumuri chainlube semua bagian rantai motor kita. Tetap putar-putar agar cairan meresap ketiap bagian pada rantai.


Yap segitu dulu yah tips dari mimin. Semoga berguna dan tetap rawat terus tunggangan Sobat. Jangan cuma asala pakai dan asal jalan. Kasian tau,hehe.

0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.