Tuesday 3 December 2013

Install Windows Server 2003 di VMWARE

Gambar dari revolusi-muslim.blogspot.com
Assalamu'alaikum Sobat. Sesuai janji mimin yang pernah mimin ucapkan sebelumnya di artikel VMWARE Workstation 9, bahwa mimin akan memberikan artikel tentang instalasi active directory di windows server 2003. Baik sebelum mimin mulai tentu Sobat harus mengunduh VMWare di artikel mimin seblumnya atau kalau sudah punya atau mau langsung ke PC yang telah disediakan maka Sobat bisa langsung mengikuti tutorial mimin. Artikel ini akan mimin batasi pada  instalasi windows server 2003 saja. Untuk instalasi active directory dan pengaturannya tetep pantengin revolusi-muslim yak. OK langsung saja.
 1. Kita buka VMWarenya Sobat. Untuk instalasi mimin anggap Sobat sudah OKE lah. kan tinggal next-next yah,hehe. Kita buat new machine (komputer virtual baru) terlebih dahulu dengan meng-klik File -> New Virtual Machine.


2. Selanjutnya akan keluar menu pilihan apakah akan menggunakan Typical /Pengaturan yang disesuaikan oleh VMWare atau memilih Custom. Mimin pilih Typical saja karena masih belajar,hehe. Oh ya mimin masih pakai VMWare 8 Workstation, kalau Sobat mengunduh VMWare yang mimin sediakan sebelumnya yaitu versi 9 mimin harap tidak terlalu berubah banyak. Ok Next


3. Kemudian kita tentukan media instalasinya, jika Sobat memiliki cd master windows server 2003 dalam bentuk CD maka bisa dipilih pilihan Intaler disc, tapi jika punya file ISO nya maka bisa gunakan instaler disc image file seperti yang mimin gunakan. Kemudian Next


4. Form selanjutnya adalah form easy install information yang bisa Sobat gunakan biar tidak menunggu proses / step-step pada saat instalasi windows karena akan diatur oleh VMWare. Ketikkan Windows product key nya, nama komputer Sobat, dan Password Administrator yang nanti digunakan untuk masuk kedalam sistem. OK Next


5. Selanjutnya kita dapat menamai Virtual machine kita dan lokasi kita menyimpannya. Pastikan juga hardisk real PC Sobat muat untuk menyimpan virtual machinenya.


6. Selanjutnya sobat bisa menentukan ukuran hardisk pada virtual machine Sobat. Ingat maximum disini bukan pada saat instalasi mengambil segitu banyak kapasitas hardisk kita tapi akan menggunakan maksimal dari hardisk kita sebanyak maximum yang kita tentukan ini, Jadi pertama instalasi tetap wajar sekitar 1 GB-an. Untuk Storage mau single file atau multiple files terserah Sobat saja. Kalau Single file storage hanya 1 buah, sedangkan multiple files ya banyak,hehe.


7. Ok setting virtual machine telah selesai saatnya masuk ke instalasi windows.


8. Mimin rasa Sobat semua sudah jago dalam hal instalasi apalagi yang sudah terbiasa dan pernah menginstal Windows XP. Maka akan sama tidak terlalu berbeda jika kita nanti melihat langkah-langkah selanjutnya atau malah bisa lebih cepat karena kita tidak usah memasukkan serial number dan password Administrator. Oke kita tunggu saja yah Sobat.


9. Windows sedang mengkopi file-file, yah sambil nunggu Sobat bisa mengerjakan tugas yang lain atau pergi dulu ke warung membeli camilan sambil membuat kopi,hehe.


10. Singkat cerita dah terkopi semua tuh file virtual pc akan restart dan memulai instalasi.


11. Instalasi windows mulai berjalan nih Sobat. karena mimin tadi tidak mengisi serial number jadi ditagih deh serialnya. Oke deh mimin isi dulu nanti setelah selesai langsung Next saja yah.


12. Ok ini saat-saat menunggu dan menunggu lagi Sobat. Dah nikmati saja deh.


13. Wah ternyata cepet tinggal beberapa menit aja, walau sebenarnya tinggal hitungan detik saja,hehe.

 
14. Dah selesai Sobat, setelah selesai maka virtual machine akan rebort dan masuk ke menu login Windows.


15. Ini nih yang bikin yang bikin sebel, setiap keluar atau habis tidak digunakan Windows mengharuskan untuk menekan CTRL+ALT+DEL. Yoh wis lah manut wae. Kalau Sobat malah sudah tau gimana menghilangkannya bisa kasih tau mimin deh, hehe.


16. Kemudian akan keluar form login, langsung Sobat masukkan saja password administrator yang sebelumnya Sobat setting diVMWare atau lewat instalasi kalau mau klasik,hehe.


17. Eng Ing Eng dah selesai deh instalasi Windows Servernya, selanjutnya mimin coba membahas untuk instalasi Active Directory dan rule-rulenya so dinikmati yang ini dulu yah Sobat. See you dan semoga bermanfaat untuk Sobat semua.


0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.