Tuesday 17 December 2013

Awas Banyak Lubang dijalan

Gambar dari ceritasitelingabulat.blogspot.com
Assalamu'alaikum Sobat. Pagi ini mimin akan sedikit memberikan masukan kepada Sobat semua untuk lebih berhati-hati dijalan. Hujan yang datang tiap hari melanda membuat jalan menjadi tidak menentu. Kenapa? Jika Sobat memperhatikan jalan setiap kali Sobat pergi ke kantor atau tempat lain yang sering Sobat lewati maka akan terlihat semakin banyak lubang-lubang menganga di jalan. Menurut mimin hal ini sangat membahayakan. Selain motor kita yang mungkin rusak sampai kepada nyawa kita yang bisa terancam.
Musim hujan menjadi acuan seberapa kuat konstruksi jalan-jalan di Indonesia Sobat, selain penyakit lain dari jalan yang bergelombang karena truk-truk besar pengankut material yang diluar batas beban yang ditetapkan. Akan tetapi mimin sangat mengharapkan agar petugas jasa marga dapat secara sigap melakukan pembetulan dengan cepat terhadapt jalan-jalan yang berlubang karena hujan. Mimin sendiri pernah mengalami hal yang serupa bebrapa tahun yang lalu. Maklum masih muda Sobat,hehe menggeber motor dengan kecepatan yang tinggi sungguh menyenangkan. Lah mang sekarang kek gimana to min? Yah mimin sih sekarang sudah mulai kalem. Maka dari itu mimin kasih beberapa tips dari mimin sendiri tentang bagaimana berkendara mimin dijalan meskipun mimin berhati-hati terkadang juga tersulut emosi dan ingin mengulang masa muda dengan sediit memacu di NJMX Maron,hehe. OK lah berikut langsung saja mimin kasih secuil nasehat.
1. Ketika berkendara hendaklah kita perhatikan jalan sambil tetap konsentrasi ke arah depan samping kanan dan kiri. Perhatikan jalan dan simpan data di memori kita apakah jalan baik atau terdapat lubang. Itu akan menjadi tolak ukur kita ketika kembali melewati jalan yang sama.
2. Jaga jarak dengan rombongan yang ada didepan kita. Jika didepan ada rombongan motor alangkah baiknya jika kita sabar karena kita tidak bisa melihat lubang yang ada didepan jika rombongan motor berada dibelakang mobil atau truk yang besar. Sobat dapat menyalip jika kondisi jalan samping sepi sehingga kondisi jalan dapat kita lihat dengan baik.
3. Berhati-hati dengan beberapa pengendara. 
Kita mulai dari pengendara anak muda yang memakai motor bertipe kencang. Usahakan berikan jalan karena kita tidak akan tahu yang mereka lakukan. Pikiran mereka hanya bagaimana cepat dan akulah yang tercepat diantara motor-motor disekelilingnya. Kedua adalah pengendara wanita. Ingat wanita lebih banyak mengedepankan perasaan dari pada pemikiran. Terkadang tipe wanita dengan berkendara lamban akan memberikan jalan, maka kita bisa mendahuluinya. Akan tetapi jika wanita berkendara dengan cepat sebaiknya kita mengalah dan memberikan jalan. Yang ketiga jenis pengendara yang sudah tua, pengendara jenis ini juga ada tipe lamban dan cepat. Tipe lamban biasanya sering benboncengan atau bisa sendiri. Bisa diusahakan untuk mendahului karena jika dibelakangnya terkadang kurang sigap dalam berkendara sehingga kita harus extra hati-hati. Yang bertipe cepat dah langsung saja kasih jalan. Karena mereka merasa nggak mau kalah dengan yang muda. 
4. Gunakan kaca spion standar atau yang dapat melihat dengan jelas kondisi belakang. Menengok kebelakang dengan kepala memiliki kerentanan dan membuang sedikit bangak waktu. Inget ini dijalan umum bukan di sirkuit. Jadi perhatikan kanan dan kiri sobat. Pastikan sebelum mendahului kendaraan didepan lihatlah kebelakang. Jangan sampai tertubruk dari belakang.
Yap itulah sedikit apa yang bisa mimin berikan. Semoga bisa diterapkan dijalan. Menjadi pengemudi motor yang cepat itu mudah Sobat, tetapi yang menjaga berkendara dengan baik itu sangat SULIT. Ingat ada orang-orang tercinta yang masih menunggu kita dirumah. I LOVE YOU, hehe. Semoga bermanfaat buat Sobat semua.

0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.