Thursday 19 December 2013

Sujud Syukur

Gambar dari ensiklopediaindonesia.com
Assalamu'alaikum Sobat. Hujan terus nih jadi Sobat harus banyak jaga kesehatan. Nih mimin ada unek-enek lagi nih, pernah liat timnas usia 19 tahun??? Hayo yang ngaku Indonesia pasti dukung yah, hehe. Terlepas dari permainan bola Evan Dimas (nih pemain pernah training di New Camp Barcelona, tak salah permainannya mimin bilang mirip Xavi Hernandes dalam mengatur ritme pertandingan ditambah tembakan yang keras seperti Cesh Fabregas Top deh) dan kawan-kawan yang atraktif dan menyenangkan untuk dilihat seperti permainan top level Eropa ada secuil kebiasaan anak-anak timnas yang membuat mimin terkesan. Yap Sujud Syukur, sesuatu yang mungkin sangat amat jarang kita lihat disekeliling kita. Melihat timnas U23 yang berada di Sea Games sekarang juga turut ikut mengucapkan rasa syukur pada Alloh atas nikmat yang diberikan. Bukankah hal ini jadi sesuatu bagi kita semua sebagai muslim. Mempromosikan Sunnah Nabi yang telah banyak ditinggalkan dan dilihat jutaan pasang mata se Indonesia.

Lalu apa sebenarnya Sujud Syukur itu dan bagaimana malakukannya? Mimin mencoba merangkum beberapa materi yang ada di internet. Tentu saja hal ini mimin ulas agar kita semua dapat mewarnai hidup kita atas segala nikmat Alloh dengan aksi dan bisa dilihat orang banyak bahwa seorang muslim itu sesuatu, hehe. Sebelumnya mari kita cek dulu apa itu Sujud Syukur. Sujud Syukur dapat diartikan sebagai tanda terima kasih seorang hamba kepada pencipta-Nya, yaitu Alloh SWT. Sujud syukur, hukumnya sunnat. Dalil naqli tentang sujud syukur Rasullullah saw. Bersabda : 

 عن ابى بكرة انّ النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم كان إذاأتاه أمر يسرّه أوبشرى خرّ ساجدا شكرالله 
Artinya: "Dari Abu Bakrah: Bahwa Nabi Muhammad saw. apabila datang kepada beliau sesuatu yang menggembirakan, atau kabar suka, beliau terus sujud semata-mata berterima kasih kepada Allah." (HR. Abu Daud) 
dilain riwayat juka disebutkan
“Dari Abu Bakrah r.a.Bahawasanya Nabi s.a.w. apabila telah datang kepadanya suatu urusan yang menyenangkan atau beliau gembira kerana sesuatu, beliau sujud ke tanah sebagai berterima kasih kepada Allah SWT.”( Diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmizi)
Baik berberapa sumber yang mimin dapatkan untuk melakukan Sujud Syukur secara garis besar ada rukun yang harus diikuti
1. Niat 2. Takbiratul Ihram 3. Sujud (sekali sahaja) 4. Salam
Namun dari beberapa Mahzab yang mimin dapat dari internet menyebutkan sebagai berikut
  1. Mazhab Syafie serupa dengan sujud Tilawah. Terdapat 5 rukun didalamnya iaitu: Berniat, takbiratul Ihram, sujud satu kali sahaja ,duduk selepas sujud dan memberi salam.
  2. Mazhab Hanbali pula, terdapat 3 rukun iaitu sujud, bangun dari sujud dan salam yang pertama. Takbir semasa sujud dan bangun darinya.
  3. Mazhab Hanafi dan Mazhab Maliki mereka akan terus sujud tanpa Takbir Al-Ihram dan bangun dari sujud tanpa memberi salam. Mereka akan bertakbir untuk sujud sahaja dan semasa bangun dari sujud.

Ketika melakukan sujud syukur, hendaklah membaca doa berikut ini.
 رَبِّ اَوْزِعْنِي اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَلِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَهُ وَاَصْلِح لِيْ فِى ذُرِّيَّتِيْ اِنِّ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ 
Artinya: "... Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat- Muyang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai, dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh aku bertaubat kepada Engkau dan sungguh aku termasuk orang muslim." (Q.S. Al-Ahqaf: 15) 

Mimin sendiri masih belum mendapatkan ilmu dan hadist yang membahas sujud syukur secara langsung, sehingga dengan artikel ini semoga Sobat yang tahu bisa memberikan mimin bantuan untuk memperbaiki artikel mimin jika ada kesalahan. Agenda mimin adalah saling mengingatkan dan mari kita lestarikan sunnah dari Rosulullah SAW buukan berarti tidak tahu tidak mengamalkan tetapi mari kita amalkan sambil kita cari ilmunya, gimana? Bukankah Islam itu indah Sobat? Tidak ada yang sedetail ini selain Islam. Semoga bermanfaat buat Sobat semua.

Best Regard to islamiwiki.blogspot.com dan facebook.com/tanyalahustaz

0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.