Tuesday 21 January 2014

Fitur OCR Nitro Ubah Image PDF menjadi Teks

Gambar dari revolusi-muslim.blogspot.com
Assalamu'alaikum Sobat. Setelah minggu kemarin mimin berbagi tentang aplikasi Nitro PDF Professional kali ini mimin akan mengulas salah satu fitur yang menarik dalam aplikasi tersebut. Masih ingat dengan aplikasi pertama mimin yang pernah juga mimin kasih di revolusi muslim? Yap yang masih setia tentu akan ingat tentang OCR Abbyy Fine Reader. Pada dasarnya sama saja. Akan tetapi Nitro mengemas lebih simple.
Mimin akan mensharing bagaimana cara kita mengubah dokumen gambar teks dalam bentuk pdf ke dalam bentuk teks seperti document word. Yap langsung kita coba saja yah Sobat.
Ikuti langkah-langkah mimin.
1. Pertama kita siapkan file gambar yang akan kita edit tentunya.
2. Lalu kita buka aplikasi Nitro PDF. Jika belum punya bisa diunduh disini
 3. Kemudian kita buka file yang kita siapkan sebelumnya, klik File -> Open
 4.  Akan muncul tampilan explorer nitro, cari filenya dan klik Open
 5. Setelah dibuka file tersebut secara otomatis akan dikenali oleh nitro pdf sebagai file gambar pdf. dan akan ada peringatan dalam garis berwarna kuning pada bagian atas document. Dan akan menanyakan apakah mau dibuat file yang dapat disearch dan diedit tidak. Kita klik saja langsung Make Searchable/Editable
 6. Setelah itu akan muncul pilihan apakah mau dibuat Searchable saja atau mau sekaligus dapat diedit. Kita klik saja pilihan kedua yaitu Make Searchable and Editable
 7. Kita tunggu hingga proses conversi berhasil sukses 100%
 8. Setelah itu file masih dalam bentuk PDF, akan tetapi masih sulit untuk kita edit. Kita convert saja menjadi bentuk doc sehingga lebih mudah kita edit.
 9. Kita klik To Word pada toolbar dibagian atas aplikasi. Sebelum itu kita simpan dulu pdf hasil conver dari ocr ke bentuk pdf tadi terlebih dahulu. Simpan dengan nama yang mudah Sobat ingat.
 10. Selanjutnya akan muncul jendela seperti dibawah langsung saja kita klik Convert.
 11. Kita tunggu sampai proses Convert berhasil 100%
 12. Dan Alhamdulillah akhirnya dapat kita edit deh file tadi.

Oke begitu aja yah. Cekap semanten menawi wonten ingkah salah langsung mawon dipun ilengaken. Menawi wonten ingkang dadon pertanyaan langsung mawon dipun tanyaaken. Bahasa Jawa mimin payah, hehe. Semoga berguna.

0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.