Wednesday 15 January 2014

Memperpanjang STNK di Samsat

Gambar dari revolusi-muslim.blogspot.com
Assalamu'alaikum Sobat. Sebagaimana janji mimin. Kali ini mimin sharing pengalaman miminakhir pekan kemaren untuk ngubek-ngubek kantor Samsat Sragen. Bilange aja ngubek-ngubek tapi mimin ndak bisa foto keseluruhan prosesnya, jadi maaf kalau tidak sesempurna yang Sobat inginkan. Tapi ada kolom komentar yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan mimin kok, hehe. Jadi jangan ragu bertanya, malu bertanya sesat dijalan loh,hehe.
Mari kita mulai Sobat. Pertama siapkan dulu persenjataan Sobat. Syaratnya untuk pajak yaitu
  1. KTP atau KK asli dari pemilik motor sesuai dengan yang tertera di STNK motor.
  2. STNK Asli
  3. BPKB untuk difotokopi
  4. Uang secukupnya untuk pajak. Bisa Sobat liat di STNK motor Sobat berapa banyak tuh.
Terus fotokopi dulu deh, bilang saja mau pajek ama keluarin senjata Sobat. Yang mimin tulis diatas bukan yang lain loh,hehe. Nanti petugas fotokopi sudah tau biasanya. Kalau belum tau yah fotokopi BPKB, KTP, ama STNK nya. Langsung deh menuju TKP. Kalau mimin di daerah Sragen bisa langsung ke kantor di alamat Jl. Raya Sukowati Barat Km.2 Sragen. Atau kalau mau jelas itu dekat SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Bener gak yah??? mimin lupa tuh, hehe. Pokoke itu kalau tidak tahu pasti tau gedung Kartini Sragen dong??? ituloh yang biasa jadi tempat nikahan. Nanti dari gedung Kartini masih ke Barat kurang lebih 200 meter. Nanti ada Plang nya kok, dan paling mudah diinget jika paling rame dan ada pedagang kaki lima penjajak makanan didepannya. Langsung deh parkir motor Sobat dan akan mimin jelaskan step-stepnya.
  1. Sobat langsung menuju loket/ gedung disebelah utara dimana nanti akan mendapatkan formulir untuk melakukan pajak. Disitu serahkan STNK asli dengan KTP asli. Bilang kepada petugas mau pajak kendaraan dan menunggu sebentar kemudian akan diberikan formulir yang sudah terisi. Sobat langsung masuk ke gedung utama yang berada ditengah.
  2. Langsung menuju loket Perpanjang STNK di sebelah selatan tapi bukan yang paling selatan. Sobat bisa melihat mejanya kok, ada tulisan yang menunjukkan Loket Perpanjangan STNK. Sayang mimin tidak bisa memotret loket karena penuhnya. Langsung deh formulir dikasih dikeranjang yang berada diatas meja loket tersebut. Sobat duduk dulu nanti akan dipanggil untuk menyerahkan fotokopi STNK, KTP, ama BPKB yang telah kita siapkan.
  3. Saat dipanggil Sobat diminta menyerahkan STNK, KTP, ama BPKB dan akan langsung diberikan no antrian. Simpan no atrian tersebut, jangan samapi dibuang sampai akhir mendapatkan surat STNK yang baru yah.
  4. Kita tunggu lagi sampai no antrian kita dipanggil di bagian loket Pembayaran. Disana kita akan membayar sejumlah uang yang sesuai dengan yang tertera di STNK kita.
  5. Kita tunggu lagi deh. Mungkin ndak sampek 15 menit deh. Asal kertasnya ada maka kita akan segera dipanggil di loket pengambilan STNK. Inget yang tadi mimin bilang jangan dibuang no antrian nanti dituker deh ama STNK yang baru ama KTP yang tadi disertakan diawal.



Oke deh Sobat sudah dapet STNK yang baru deh. Pesan mimin, berkendaralah dengan baik, jangan ugal-ugalan. Berkendara dijalan sama halnya Sobat berjalan didepan banyak orang. So harus santun juga. Jangan sungkan minta maaf jika salah dijalan. Yuk Semoga berguna deh buat Sobat semua.

0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.