Tuesday 4 February 2014

Menyibak Fitur Hd Tune Pro v 5.0

Gambar dari revolusi-muslim.blogspot.com
Assalamu'alaikum Sobat. Alhamdulillah mimin masih dikasih kesempatan berbagi ilmu kepada Sobat tercinta. Okelah langsung saja yah Sobat, melanjutkan pelajaran minggu kemarin tentang hardisk kita akan sobek-sobek fitur yang ada di Hd Tune Pro v 5.0. Aplikasi ini bisa dianggap sebagai standart yah Sobat, banyak diantara teknisi komputer yang menggunakannya. Lalu apa saja dan fitu apa yang tersaji didalamnya. Langsung disimak yah, mimin coba kasih penjelasan kasar, hehe.
Sebelum kita melihat fitur kita lakukan instalasi sederhana yah Sobat. Sebenarnya sama pada umunya penginstalan di windows yang tinggal klik Next saja, tapi tidak ada salahnya jika mimin tampilkan bagaimana instalasi HD Tune Pro ini. Sobat yang belum memiliki aplikasi ini bisa diunduh dimari.
1. Kita klik instalernya maka akan muncul jendela instalasi seperti dibawah ini dan kita klik Next.
 2. Kita pilih "I accept the agreement", kemudian kita klik Next
 3. Pastikan drive C kita tidak penuh jika kita memiliki standart directori penginstalan. Jika setuju langsung klik Next saja Sobat.
 4. Masih ditanya lagi mau dikasih nama apakah folder instalasi kita, langsung klik Next
 5. Selanjutnya kita ditanya apakah akan membuat shortcut di desktop. Mimin pilih ya dan Next.
 6. Waktunya instalasi kita klik Install Sobat
 7. Setelah selesai instalasi maka akan keluar jendela Finih. Jangan kita klik Lounch HD Tune Pronya, kita copykan aplikasi crack nya dulu. Copy file yang ada didalam folder crack dan paste ke direstori dimana kita install HD Tune. Seperti mimin yah di default di program files, seperti gambar ke-3 diatas.

Selanjutnya mari kita lihat apa fitur unggulan yang ada didalamnya. Yuk langsung saja yah. Hehe. Tapi jangan dimarahi yah kalau mimin tidak kasih penjelasan yang mendetail, namnya juga terawangan, hehe. Ada bebererap fitur tapi pada umumnya tidak semua fitur digunakan atau sering digunakan. Berikut listing lengkapnya Sobat.

1.Benchmark
Yah taulah apa itu benchmark. Mimin saja ndak tau sebenarnya apa itu benchmark, hehe. Tapi mimin anggap Sobat sudah pada tahulah. Bisa dikatakan tolak ukur seatu device terhadap standart atau kinerja suatu komponen terhadap perhitungan kasar. Disini kita bisa melihat nilai benchmark hardisk yang ada di komputer kita Sobat. Coba kita klik tombol Start. Maka HD Tune akan melakukan penilaian terhadap HD kita. Itu ada dua loh Read dan Write. Klo read bisa dalam kondisi terisi HD kita, tapi kalau mau lihat test kemampuan Write HD kita maka harus kita kosongkan terlebih dahulu HD kita Sobat.

2. File Benchmark
Kalau dalam jendela ini kita akan disuguhi penilaian data transfer file di berbagai partisi yang akan kita cek. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
3. Disk Monitor
Kayaknya ini buat memonitor kinerja HD kita sobat. Seberapa cepat kemampuan Read dan Writenya deh. Coreksi jika mimin salah, hehe.
4. Info
Disini dipaparkan informasi tentang HD kita Sobat. Dari Jumlah Partisi, support fitur sampai info fisik dari HD. Tuh bisa dilihat HD mimin ternyata masih pake Sata II, huhu.
5. AAM
Yah ini mimin juga kurang tau. Biar ada yang komen dah. hehe
6. Random Access
Layaknya seperti benchmark kali ini akan ditampilkan kemampuan HD untuk melakukan accest read maupun write dalam beberapa ukuran file. Kurang lebih gitu, hehe.
7. Extra Test
Nah disini test apa saja deh tentang HD kita. Bisa langsung dicoba, hehe.
8. Health
Inilah info yang penting selain nanti Error Scan Sobat. Dari jendela ini kita bisa melihat apakah HD kita dalam kondisi sehat atau tidak. ada beberapa keterangan didalamnya. Jika berwarna kuning nantinya berarti warning. Bisa dilihat dengan klik pada kolom yang dimaksdu supaya mengetahui apa yang rusak.
9. Error Scan
Disinilah kita bisa melihat apakah HD kita terkeda Bad Sector atau tidak. Diindikasikan dengan warna hijau jika sehat, dan merah jika sector tersebut sudah rusak/ Bad Sector.
10. Erase
Kayaknya sih buat format deh, hehe.


Baik sekian dari mimin, jika tidak puas bisa komen. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.