Wednesday 12 February 2014

Tips Berbelanja On Line dari Revolusi Muslim

Gambar dari female.com
Assalamu'alaikum Sobat. Alhamdulillah hari ini mimin bisa berbagi kembali dengan Sobat semua. Kali ini mimin akan sharing bagaimana berbelanja dengan aman di online store yah. Sudah bukan hal yang asing lagi sekarang ini banyak diantara kita mungkin lebih suka berbelanja online. Kenapa eh kenapa? mungkin akan mimin sharing dikemudian hari tentang kelebihan dan kekurangan On Line Store. Untuk sekarang kita simak dulu bagaimana menjatuhkan opini kita agar bisa berbelanja dengan nyaman dan aman tentunya.
Ada banyak pilihan toko yang bisa kita lihat, baik itu toko resmi dari sebuah toko semisal bhinneka.com, jakartanotebook.com, enterkomputer.com (nie toko komputer semua, hehe) atau Sobat punya contoh yang lain, hehe dan tentunya media pemasaran gratis seperti Kaskus, TokoBagus, Berniaga, dan lainnya bahkan Facebook. Baik kita tidak akan bahas semuanya, yang pertama kita ulas dalam artikel ini adalah melalui toko online atau toko yang memiliki website penjualan resmi.
Untuk toko dengan penjualan seperti ini maka kita bisa tarik kesimpulan bahwa jika toko nyatanya saja ada maka kita bisa aman berbelanja di toko tersebut lewat media onlinenya. Supaya lebih jelas akan mimin coba jabarkan satu persatu

1. Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja
Lah ini lah tips pertama keyakinan kita tentang web akan lebih baik jika kita tahu toko nyatanya. Kita bisa cek dihalaman contact atau about us biasaya dimana lokasi toko yang sebenarnya. Atau kita bisa mencari referrensi dari google apakah sudah ada kekurangan yang dilakukan oleh orang lain dengan berbelanja di toko tersebut.

2. Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda
Sebelum membeli ada baiknya kita membaca kebijakan yang diterapkan dalam toko tersebut, semisal yang biasa mimin cek adalah bagaimana cara pembayaran, metode pengiriman, serta garansi produk. Pastikan dan baca dengan teliti jika masih tidak faham bisa kontak YM atau bisa telpon CS toko tersebut.

3. Periksa paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik.
Sebelum membeli baca dahulu deskripsi produk yang akan kita beli. Jauh lebih baik jika kita sudah memiliki referensi tentang barang yang akan kita beli. Jangan sampaiu kecewa dikemudian, hehe. Ada beberepa toko yang memberikan jasa penukaran jika tidak sesuai, bukan berarti batal karena biasanya ini sulit dilakukan jika barang sudah dibeli dalam arti "Barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar kembali". Tentang garansi produk juga perlu diperhatikan, apakah mendapatkan garansi resmi dari vendor yang mengeluarkan/ distributor resmi ataukan hanya garansi toko.

4. Jangan mudah tergoda barang murah
Dengan kita mengetahui toko itu terpercaya atau tidak sebagaimana resep no 1 maka hal ini tidak menjadi masalah dan tentu harga nya merupakan diskon resmi yang diberikan oleh toko.

5. Periksa harga total.
Harga barang, plus ongkos bungkus, plus ongkos kirim, semuanya mesti Sobat hitung jangan sampai waktu sudah selesai baru dihitung (Ini berarti Sobat punya uang lebih yah ndak jadi masalah deh, hehe). Bandingkan harga produk dari suatu situs web dengan situs web lain untuk mendapatkan harga yang murah, hehe.

6. Simpan bukti transaksi
Bukti transaksi sangatlah penting, jikalau hal ini tidak kita lakukan maka jikalau toko teledor tentang pembayaran maka kita memiliki bukti otentik tentang transaksi yang kita lakuakn. Dan toko tidak bisa berbelit jika memiliki niat yang tidak baik. Terakhir mintalah resi no pengiriman agar kita bisa memantau perjalanan barang oleh kurir yang membawa barang belian kita.

Yah demikian  tips berbelanja online lewat media toko online, untuk tips berbelanja lewat media sosial bisa mimin sharing dikemudian hari. OK semoga berguna buat Sobat semua.

0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.