Sunday 3 November 2013

Tips Merawat Aki Motor Sobat

Gambar by andikasetyawan979.blogspot.com

Assalamu'alaikum Sobat. Bagaimana kabar minggu yang cerah ini? Semoga tetap sehat dan istiqomah beribadah ya. Sebelum berangkat ujian CPNS mimin mau berbahi tips tentang menjaga aki motor sobat tetep sehat. Sebagaimana yang kita tahu yah Sobat bahwa jenis aki sekarang ada 2 yaitu aki kering dan aki basah.
Untuk aki kering memang tidak perlu dilakukan perawatan tetapi untuk aki basah Sobat harus perhatian. Setiap saat minimal 1 bulan sekali cek kondisi air aki apakah sudah berada diambang batas bawah belum Sobat. Jika sudah, cepat-cepat deh beli air aki dibengkel atau sekalian ganti oli Sobat bisa minta teknisi untuk mengecek dan mengisi air aki pada aki motor Sobat. Jika Sobat terbiasa mengisi air aki ini sendiri pastikan Sobat membeli air aki isi ulang jangan membeli air aki zuur. Kenapa mas??? Nanti mimin jelaskan deh. Pastikan Sobat mengisi sampai batas atas aki. Klo lebih mas??? Ya jangan berlebihan kan yang bagus sedang-sedang saja,hehe.
Oh iya kenapa tidak boleh mengisi aki dengan aki zuur. itu dikarenakan cairan elektrolit atau accu zuur itu mengandung zat asam, hanya untuk pengisian aki baru. Jika dipake isi ulang, otomatis kadar zat asam jadi makin tinggi. Ini bisa menyebabkan hambatan pada aki, bisa meningkat. Sehingga aliran listrik tidak bisa mengalir dengan sempurna. Ini yang menyebabkan aki tekor alias mati Sobat. Ok sekian dulu yah Sobat. Doaken mimin yah Sobat, biar bisa lolos tes CPNS jadi PNS nikah deh Sobat.hehe. Semoga bermanfaat buat Sobat semua.

0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.