Sunday 17 November 2013

Tips Berkendara Agar Ban Tidak Bocor

Gambar dari bisnisukm.com
Assalamu'alaikum Sobat. Selamat liburan yah Sobat. Hari ini mimin akan mencoba sharing lagi tentang ban yah Sobat. Setelah sebelumnya berbicara tentang jenis ban kemudian tips menambal ban tubeless kini mimin akan membagikan kisah dari brow Endrik sejutaumat.com yang bertemu dengan bapak guru Narto. Beliau bapak guru mengungkapkan bahwa "Saya mas Endrik seumur-umur bawa motor gak pernah yang namanya bocor ban, kalau jatuh pernah, Supra X yang saya pakai (sambil menujuk Supra Xnya) ini udah 3 tahun gak pernah ngalamin bocor ban di jalan”. tutur bapak guru kepada brow edrik. Lalu apa tips bapak Narto???

  1. Jangan suka ambil jalan diluar aspal, maksudnya biasanya kita kalau terjebak macet akan cari jalan pintas keluar jalan yang notabene ke jalanan berkerikil yang sangat mungkin disitu terdapat paku, beling, atau benda-benda tajam lainnya.
  2. Rajin periksa tekanan ban motor, brow Endrik menafsirkan bahwa tekanan ban harus selalu dalam kondisi tekanan yang pas, jangan pernah bawa motor dengan tekanan ban kurang aka kempes Sobat. Kurangnya tekanan ban, bisa merusak jaringan kawat dan compound ban. Bocor ban tidak melulu karena faktor eksternal kemasukan paku atau lainnya, namun disebabkan juga dari internal komponen ban yang mulai aus. So dengan kondisi ban aus seperti ini hanya dengan dipacu kerikil tajam aja bisa menyebabkan bocor alus.
  3. Jangan gunakan ban yang sudah gundul Sobat. Ban yang udah mulai tampak gundul sudah pasti tingkat cengkraman ke aspal sudah berkurang. Apalagi jika ban yang sudah gundul sering diajak kerja keras ngepot saat mengerem, panas ban yang sudah mulai gundul pasti lebih tinggi ketimbang ban yang masih tebal. Panas yang berasal dari ban luar bisa mengurangi keawetan ban dalam, hal ini bisa menyebabkan ban bocor suatu waktu walau tanpa ada paku/benda tajam yang mampir. 
Jadi gimana Sobat??? Minat mencoba resep pak Narto??? Semoga bermanfaat.

Best Regard to sejutaumat.com

0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.