Thursday 31 October 2013

Tips Berkendara Motor di Saat Musim Hujan

Photo by yamaha-kaltim.co.id
Assalamu'alaikum Sobat Muslim. Semoga hari ini menjadi hari yang cerah bagi Sobat semua. Karena sekarang sudah memasuki musim penghujan Sobat harus lebih extra persiapan, mulai dari kesiapan fisik/tubuh kita maupun kesiapan kendaraan kita yang sering kita pakai sehari-hari.
Seperti halnya mimin yang setiap hari melakukann perjalanan paling tidak 25 km dari rumah ke kantor juga menyiapkan kendaraan agar nyaman dan tentu aman dikendarai dalam situasi hujan. Berikut tips berkendara teruma memakai motor di saat hujan
  1. Siap sedia mantel atau jas hujan. Jas hujan atau mantel sebaiknya yang model celana, karena model ponco atau model batman bisa mengganggu pengendara lain, karena sering berkibar-kibar dibelakang. Kondisi ini bisa menyebabkan si pengendara akan mengalami kecelakaan dan tentu mengganggu pengendara lain Sobat.
  2. Cek kondisi ban Sobat, apakah masih layak digunakan atau tidak. Jika ban sudah botak dan licin permukaannya, sebaiknya segera diganti karen bisa menyebabkan kecelakaan. Kalau kedalaman alur sudah kurang dari dua mm, sebaiknya bannya diganti. Dan pakailah ban yang kembangannya mampu menyalurkan aliran air ke bagian luar. Sebab, kalau alur kembangannya ke dalam, maka itu akan mengotori mesin.
  3. Cek kondisi tekanan ban. Saat hujan, tekanan udara pada ban sebaiknya dikurangi. Sebab, dengan kondisi jalanan yang berair, maka tidak seluruh permukaan ban akan menempel pada aspal. Kondisi ini bisa membahayakan, dan roda gampang slip. Untuk menghindari hal itu, maka tekanan udara ban sebaiknya diturunkan 3-5 psi. Dengan sedikit dikempiskan, maka permukaan ban yang menempel pada aspal akan semakin banyak, dan itu berguna untuk mengurangi terjadinya slip.
  4. Selalu nyalakan lampu depan saat berkendaraan di musim hujan Sobat. Hal ini untuk menunjukkan kepada pengendara lain khususnya dari arah yang berlawanan agar tidak mengambil jalur lain dan tetap berada pada jalurnya. Selain itu, dengan dihidupkannya lampu depan, maka hal itu akan membantu pengemudi lain untuk selalu waspada. Walaupun kadang masih banyak mobil atau bus yang sering mengambil jalur kita walaupun sudah kita nyalakan lampunya yah sobat, haduhh..
  5. Apabila helm Sobat berembun, cukup oleskan tembakau pada kaca helm. Derasnya air hujan sering kali, menghalangi pemandangan pengendara sepeda motor. Apalagi kalau helm yang dipakai hanya helm biasa dan full face seperti mimin nih, maka hawa di dalam helm menjadi berubah dan itu menyebabkan kaca helm berembun. Nah, dengan menaburkan sedikit tembakau rokok pada permukaan kaca helm, lalu kemudian dibersihkan, maka dijamin air tidak akan mengumpul pada satu tempat dan embun juga akan hilang. Tapi kalau tidak merokok bagaimana dong??? Klo mimin biasa dibuka tuh kaca biar udara luar masuk baru ditutup lagi deh.hehe.
  6. Jaga kecepatan Sobat, jangan terlalu ngebut, karena kondisi jalan bisa licin, dan tetap berhati-hati selama perjalanan. Melaju lah dengan kecepatan rendah. Hujan menyebabkan jalanan agak licin, terlebih jika jalanan yg dilewati tdk rata, hal ini yg menyebabkan banyak terjadi kecelakaan. Kalau mimin biasanya disekitar 60-80 rpm tuh. Tergantung jalan Sobat. Sepi dihajar tapi klo ramai ya harus sabar Sobat.
  7. Apabila hujan disertai angin lebat serta petir, berteduh dulu Sobat. Jangan memaksakan untuk tetap melaju kendaraan jika kondisi hujan sudah membahayakan, berteduhlah hingga situasi dianggap cukup aman untuk berkendara. 
Semoga bisa bermanfaat untuk Sobat semua.

0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.