Monday 21 October 2013

Mencari Jumlah Hari dalam Bulan tertentu dengan PHP

Assalamu'alaikum sobat muslim. Hari ini saya akan kembali membahas tentang php lagi. Kali ini kita akan belajar bagaimana mencari jumlah hari dalam satu bulan dengan menggunakan php.
Dengan PHP, sobat dapat mencari jumlah hari dalam bulan tertentu dengan mudah dan cepat. Hanya dengan menggunakan function khusus yang sudah disediakan oleh PHP, sobat akan dapatkan hasilnya.
Function yang dimaksud adalah  cal_days_in_month();

Bagaimana cara penggunaannya dan contoh pemakaiannya???
Function ini memiliki sintaks sebagai berikut:
1.cal_days_in_month(x, y, z);
dengan x adalah jenis kalender yang diinginkan, y adalah bilangan yang menunjukkan bulan, dan z adalah tahun. Untuk parameter x, disediakan 4 jenis kalender yang dapat digunakan, yaitu kalender Gregorius (CAL_GREGORIAN), kalender Julian (CAL_JULIAN), kalender yahudi (CAL_JEWISH), dan kalender Perancis (CAL_FRENCH). Nah.. biasanya, kalender yang sering dipakai di dunia adalah kalender Gregorian, seperti halnya di Indonesia. Sayang… untuk kalender Islam belum dibuat untuk mengisi parameter jenis kalender ini.
Sebagai contoh, berikut ini adalah script PHP untuk menampilkan jumlah hari pada bulan Pebruari tahun 1804.
1.<?php
2.$jumHari = cal_days_in_month(CAL_GREGORIAN, 2, 1804);
3.echo "Ada ".$jumHari." hari dalam bulan Pebruari tahun 1804";
4.?>;
Dari script di atas, Anda akan mendapatkan jumlah hari sebanyak 29 pada bulan Pebruari 1804. Semoga membantu

Best Regard to blog.rosihanari.net

0 comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang membangun atau tambahkan jika ada kata-kata saya yang salah dalam melakukan penulisan. Terima Kasih dan mari berkarya muslimin Indonesia.